DamaR Berlari

berlari dan ambil hikmahnya

5 Sila di 4 Mata

Jumat malam memang enaknya nonton Indonesian Idol. Sambil nunggu result show bisa ganti-ganti ke channel lain, gonta-ganti gonta-ganti, layar tv bisa berubah dari Indra Lesmana ke Tukul Arwana. Dari Dewi Sandra ke Peppy sama Vega. Dari Aris, Aji dan kawan-kawan ke Kevin (anaknya Memes), Nikita Willy dan kawan-kawan. Dua-duanya mungkin bukan tayangan mendidik, tapi ga papalah, sementara cukup buat pendidikan, saya butuh hiburan.

Hiburannya begini. Ambil dua tamu yang masih umur anak sekolahan, yang satu cantik yang satu lagi lumayan ganteng. Di acara tadi malam yang masuk kriteria itu cuma Kevin (anaknya Memes) sama Nikita Willy. Bukan Tukul. Setelah itu kasih pertanyaan model anak sekolahan. Pertanyaannya begini, sebutkan sila keempat Pancasila!

dang.

Ternyata semua peserta, termasuk Tukul -walaupun Tukul bukan peserta karena ga masuk kriteria di atas sama sekali- ga ada yang bisa menjawab dengan tepat. Hilang satu kata, dua kata, berputar-putar. Mungkin bukan hal yang bisa ditertawakan, tapi saya tertawa. Wkwkwkwkwk (ga pernah ngerti dengan cara ketawa model gini -wekawekaweka-, tapi ini beneran, orang2 banyak yang menerjemahkan ketawa ke bahasa tulisan itu. Jadi mau ketawa tiap mikir gimana menerjemahkan balik ke bahasa lisannya, wkwkwkwkwk).

Yah ga papalah, grogi mungkin. Sila keempat itu emang panjangnya luar biasa, kalo dihapalkan kata per kata emang suka tertukar-tukar, wajarlah kalo keserimpet sedikit-sedikit. Sesudah cukup tertawa dan ditertawakan, lanjut ke pertanyaan berikutnya. Lambang sila Persatuan Indonesia adalah…!

set.

Kevin (sekali lagi, anaknya Memes) mengangkat tangan dengan sigap. Bagus. Semangatmu nak! Lalu dengan pasti menjawab, “Burung Garuda!”. Agh! Semangatmu nak. Dan lagi-lagi saya tertawa. Kekekekeke (cara ketawa model ini juga sama saja).

Akhir kata, malam itu (yang diakhiri dengan keluarnya Aji dari Indonesian Idol) saya mendapat hiburan. Sedikit pendidikan. Kalau anak-anak itu jelas butuh sedikit Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Mungkin karena ga pernah liat videoklip Garuda Pancasila di TVRI ya. Hahahaha (ini ketawa yang paling rasional buat saya).

Oh iya, buat yang tidak tau (ga apa-apa juga), sila keempat Pancasila itu bunyinya Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan sila Persatuan Indonesia itu lambangnya pohon beringin. Ayo maju, maju. Ayo maju, maju. Ayo maju, maju!

@q_p<damar!

Advertisements

5 Comments»

  rifer wrote @

wakakkakakak gw juga lupa euy sampe baca blog ini :mrgreen:

@q_p <hemm…gw juga nulisnya pake buka wikipedia :p

  danasatriya wrote @

aku masi apal sila 1 – 5, dengan tepat lah.. tapi kalo butir2nya ampun2.. blon lagi uud,, paling ingetnya pasal 34 (nyrempet masalah pribadi soalnya wkwkwkw )

updet blog dong, jangan ta terus

  teh inda wrote @

kasian ibunya (Memes)…..
mmmh susah ya ndidik anak…

  j.rizal wrote @

wkwkwkwkwk, kekekekeke, hahahaha. aku ketawa bukan karena sila-silaan itu, tapi karena bentuk tulisan dari ketawanya itu. ada juga yang tulis wakakakkakak

  ramlannarie wrote @

kunjungan balik ditunggu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: